Tips atasi sesak saat pakai masker

Tips atasi sesak saat pakai masker

Tips dan EdukasiTips atasi sesak saat pakai masker. Suka sesak napas saat memakai masker di luar rumah? Hati-hati. Karena bisa jadi hal ini disebabkan karena hypercapnia atau terlalu banyak karbondioksida dalam darah.

“Paru-paru memungkinkan pertukaran oksigen dan karbondioksida. yang penting bagi tubuh untuk berfungsi.” kata dokter Robert Graham kepada situs kesehatan mindbodygreen, seperti tulis oleh Jurnalis Indonesia.

Tips-atasi-sesak-saat-pakai-masker
Ilustrasi menggunakan masker

Menurut sebuah penelitian, gejala retensi karbondioksida termasuk detak jantung yang cepat, sesak napas, kulit memerah, kebingungan, sakit kepala, dan pusing.

Meskipun ada sedikit risiko terkena hypercapnia bagi kebanyakan orang, Graham menyarankan melepas masker jika mengalami salah satu gejala tersebut. Terutama jika Anda menggunakan masker yang terlalu ketat dan dalam jangka waktu yang lama.

Apakah sesak napas saat pakai masker ini bisa dicegah? Bisa. Yang penting Anda memiliki paru-paru kuat, terutama selama pandemi Covid-19 ini. Langsung kita mulai dengan tips pertama hingga akhir.

Tips atasi sesak saat pakai masker

Atlet endurance dan penulis buku terlaris New York Times, Brian MacKenzie, mengatakan bahwa olahraga meningkatkan kadar karbondioksida di dalam paru-paru.

“Itulah sebabnya kita bernapas lebih banyak saat berolahraga,” kata MacKenzie.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa meskipun olahraga biasanya menyebabkan napas menjadi terengah-engah, olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi otot.

“Otot-otot Anda akan membutuhkan lebih sedikit oksigen untuk bergerak dan mereka akan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida. Ini akan segera mengurangi jumlah udara yang Anda perlukan untuk bernapas masuk dan keluar untuk latihan yang diberikan,” kata penelitian itu.

MacKenzie mengatakan bahwa olahraga itu penting karena memerlukan aktivitas metabolisme yang lebih banyak.

“Itu akan dioptimalkan dengan melakukan hal-hal yang bersifat aerobik seperti hiking dan berlari,” katanya. Aktivitas metabolisme juga dapat ditingkatkan melalui jongkok, duduk, menarik, dan latihan kekuatan lainnya.

Macam-macam latihan pernapasan yang dianjurkan

Graham merekomendasikan berlatih pernapasan diafragma, pernapasan perut, dan pernapasan dalam sederhana untuk meningkatkan kesadaran otot diafragma. Caranya dengan:

Hitung berapa lama napas alami Anda, baik masuk maupun keluar. Perlahan tambahkan satu hitungan lagi untuk menghirup dan menghembuskan napas Anda. Lakukan ini sampai Anda dapat merasa nyaman menghabiskan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dan mengosongkan paru-paru Anda.

“Mempelajari cara mengendalikan napas atau melakukan pekerjaan hipoksia akan meningkatkan toleransi CO2 Anda. Dan eningkatkan kemampuan Anda untuk mengenakan masker,” kata MacKenzie.

Respirasi dapat dipengaruhi oleh postur tertentu. Untuk mencegah hal ini, berdirilah kuat sambil mengangkat dada dan membuka bagian depan tubuh saat bernapas dalam-dalam. Tak kalah penting, hindari membungkuk.

Hindari terjadinya kehausan

Hidrasi teratur penting untuk pernapasan. Graham menjelaskan bahwa minum air sepanjang hari membantu menjaga lapisan mukosa di paru-paru tetap lembap, sehingga membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

Ikuti terus Tips dan Edukasi Bermanfaat hanya di Journalindo.net dan jangan lupa bagikan jika anda menyukai artikel ini. Sampai jumpa di artikel Tips dan Edukasi selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama

Jum Jun 5 , 2020
Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama […]
Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama