Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama

Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama

Fakta Dunia Mistis – Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama. Mitos sekitar bulan purnama sebetulnya dapat dibuktikan lewat sains. Tetapi tidak semua mitos memiliki fakta ilmiah.

Umumnya mitos cuma berisi narasi dari mulut ke mulut tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan ilmiah.

Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama
Misteri Bulan Purnama.

Bulan purnama, memang simpan beberapa misteri. Banyak narasi rakyat yang dihubungkan dengan bulan purnama. Serta di luar negeri bulan purnama dikatakan sebagai waktunya serigala jadi-jadian ada.

Ada pula yang mengaitkannya dengan kehadiran drakula. Tetapi, tidak cuma seputar permasalahan hantu. Mitos sekitar bulan purnama ada pula yang dihubungkan dengan permasalahan medis. Mitos-mitos ini banyak diakui oleh beberapa orang.

Menguak fakta dibalik misteri Bulan Purnama

Bulan purnama dalam bahasa Inggris disebutkan dalam kata ‘lunatic’. Kata ini datang dari bahasa Latin ‘Luna’ yang bermakna nama Dewi Bulan pada mitologi kuno.

Keyakinan pada Dewi Bulan ini membuat orang menyambungkan tingkah laku agresif manusia waktu bulan purnama ada.

Tingkah laku beberapa orang yang menggila waktu bulan purnama ini selanjutnya dikaitkan dengan munculnya monster-monster mengerikan. Seperti drakula, manusia vampire, serta manusia serigala. Tetapi, tentunya ini hanya mitos semata.

Bulan Purnama Punya pengaruh Pada Skema Tidur

Mitos sekitar bulan purnama yang lain ialah keyakinan beberapa orang bila bulan purnama punya pengaruh pada jadwal tidur satu orang. Walau sebenarnya tidak ada fakta ilmiah yang menunjukkan hal itu.

Peneliti Swiss memperlihatkan orang dewasa sepanjang bulan purnama akan beristirahat lebih singkat. Beberapa orang dewasa minimal perlu waktu 5 menit sebelum tertidur lelap, tetapi bisa terjaga bertambah cepat sesudah 20 menit tertidur.

Disamping itu, responden dalam riset itu memperlihatkan mereka habiskan 30% lebih sedikit dalam babak deep sleep (tidur lelap) waktu bulan purnama.

Tidak ada fakta ilmiah yang dapat temukan jawaban paling pas berkaitan ini. Kenyataannya, bukan purnama memang punya pengaruh pada jadwal tidur. Tetapi, beberapa periset mengaitkannya dengan siklus harian alami manusia.

Beberapa anak Sulit Tidur Waktu Bulan Purnama

Tidak hanya dipandang memengaruhi jadwal tidur orang dewasa, mitos sekitar bulan purnama yang lain ialah babak bulan ini disebutkan membuat beberapa anak lebih aktif serta malas secepatnya tidur.

Tetapi, menurut periset, tidak ada hubungan dengan bulan purnama waktu beberapa anak sulit tidur. Periset menyebutkan tanpa bulan purnama juga, beberapa anak memang condong aktif serta sulit untuk diminta tidur bertambah cepat.

Mitos Sekitar Bulan Purnama di Dunia Kedokteran

Mitos yang tersebar di dunia kedokteran ini mengatakan bila operasi besar harus memerhatikan ramalam bintang, hingga jika dikerjakan waktu bulan purnama maka beresiko.

Salah satunya mitos sekitar bulan purmana ini bukanlah tanpa ada alasan, ada satu tesis yang menjelaskan waktu bulan purnama berlangsung, style gravitasi bulan punya pengaruh pada ombak di lautan, mengakibatkan terjadi pasang.

Style gravitasi bulan waktu bulan purnama ini bukanlah cuma memengaruhi gelombang laut, tetapi memengaruhi saluran darah. Tetapi, hipotesa ini salah.

Dalam jurnal Anesthesiology mengatakan, tidak ada hubungannya di antara bulan purnama dengan saluran darah pada tubuh manusia. Bila juga ada, karena itu dampaknya benar-benar minim.

Serta beberapa riset mengatakan sebaliknya, yaitu waktu operasi besar dikerjakan pada bulan purnama, jadi lebih aman, hasilnya juga baik. Sesaat waktu operasi diklaim lebih singkat. Tetapi, beberapa pakar tidak dapat menunjukkan faktanya.

Waktu Bulan Purnama Banyak Hewan Berperilaku Aneh

Ada yang yakin, bila bulan purnama berlangsung beberapa hewan seperti kucing serta anjing bertingkah aneh. Mitos sekitar bulan purnama ini serta diakui oleh dokter hewan. Tetapi tidak ada keterangan ilmiah berkaitan perilaku anjing serta kucing waktu bulan purnama ini.

Sampai satu penelitain berupaya menunjukkan terdapatnya dampak bulan purnama pada keadaan psikologis kucing serta anjing.

Hasilnya, tidak ada hubungan di antara bulan purnama serta perilaku dua binatang peliharaan ini. Tetapi direncanakan karena sebelum purnama ada, langit kelihatan lebih cerah, anjing atau kucing lebih suka bermain lebih lama. Ini diindikasikan membuat mereka lakukan kericuhan sebab kelamaan bermain.

Bagian Gelap Bulan

Dark side of the moon atau bagian gelap bulan banyak disebut dalam diskusi film atau lirik lagu. Tetapi, kenyataannya bulan tidak mempunyai bagian gelap.

NASA menyebutkan bila yang diberi nama ‘sisi gelap bulan’ sebetulnya adalah bagian paling jauh dari bulan. Hal tersebut karena bulan tetap berotasi serta ada 41% dari permukaan bulan yang tidak terlihat dari Bumi.

Serta, beberapa periset memperjelas, bagian paling jauh bulan juga tidak betul-betul gelap. Meskipun ada banyak titik gelap bulan yang dapat disaksikan dari Bumi. tetapi titik gelap itu adalah dataran vulkanik yang ada di permukaan bulan.

Itu mitos sekitar bulan purnama yang banyak dipercayai orang. Ada yang dapat dibuktikan dengan ilmiah, tetapi banyak pula yang sekedar hanya mitos semata. Ikuti terus Fakta dunia mistis cuman di journalindo.net ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ilmuan deteksi detak jantung lubang hitam

Sen Jun 15 , 2020
Ilmuan deteksi detak jantung lubang hitam […]
ilmuan-deteksi-detak-jantung-lubang-hitam