Keunikan fakta kupu-kupu

1

Keunikan fakta kupu-kupu

Keunikan fakta kupu-kupu. Membahas mengenai kupu-kupu, siapa sih yang tidak mengagumi keindahan dari kupu-kupu ? Indah nya sayap dan warna menarik kupu-kupu membuat kita terpukau dan sering terkagum.

Keunikan fakta kupu-kupu
Keunikan fakta kupu-kupu

Ditaman banyak bunga juga sering sekali kita temukan kupu-kupu yang menghinggap disana. Namun ada beberapa fakta unik yang belum pernah kalian ketahui sama sekali dan sering menganggap nya salah.

Tentunya kita semua sudah lumrah mengetahui bagaimana cara proses terbentuk nya seekor kupu-kupu. Namun ada kejanggalan yang mungkin belum kalian tahu secara detil yang mana seharusnya adalah poin penting.

Terbentuknya kupu-kupu adalah berawal dari ulat menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Apakah saat menjadi kupu-kupu, warna nya langsung cerah dan menarik ? mari langsung saja kita bahas berikut ini.

Keunikan fakta kupu-kupu

Sayap kupu-kupu yang biasanya terlihat penuh dengan warna yang cerah dan menarik ternyata adalah transparan. Namun yang membuat sayap berwarna adalah karena adanya lapisan-lapisan chitin.

Lapisan chitin transparan ini kemudian di selimuti oleh ribuan sisik kecil sehingga memantulkan cahaya dalam warna yang berbeda-beda. Semakin tua kupu-kupu, maka akan semakin terlihat transparan sayapnya.

Ketika baru netas dari kepompong, kupu-kupu sendiri masih lembek dan tidak berwarna. Jauh dari film-film biasanya. Sesuai faktanya, kupu-kupu harus memompa cairan ke sayapnya vena sayapnya agar berkembang.

Jika sudah di pompa, maka kupu-kupu harus menunggu beberapa jam agar sayap dan tubuh nya mengeras lalu mereka bisa terbang untuk pertama kali nya.

Umur kupu-kupu yang satu ini terbilang cukup pendek karena hanya 2 – 4 minggu secara umum. Di 2 -4 minggu nya, kupu-kupu hanya akan menggunakan energi untuk memprioritaskan makan dan kawin saja.

Terbilang cerdik dan lumayan cerdas. Kupu-kupu akan membentuk diri dengan cara menyatukan diri dengan alam saat ada predator yang mengincarnya. Mereka melipatkan sayap agar mirip seperti alam.

Sedangkan spesies malah sebaliknya, sengaja membuat warna sayap sangat terang. Mengapa begitu? Karena kupu-kupu berwarna terang diketahui beracun, sehingga mereka dengan sengaja mencerahkan warnanya.

Ketika kupu-kupu mencerahkan warna sayapnya sendiri, maka sang predator akan takut dan menjauhinya sebab alasan yang dijelaskan diatas tadi. Kupu-kupu terang memiliki racun sehingga mereka menyamar.

Hebatnya keunikan yang dimiliki

Nah itulah beberapa keunikan fakta kupu-kupu yang harus kalian ketahui, keunikan tersebut tidak terduga bukan? Mulai dari sayapnya yang transparan hingga dengan kecerdasan yang dimiliki oleh kupu-kupu.

 

One thought on “Keunikan fakta kupu-kupu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Misteri asal mula Slender Man

Kam Mar 5 , 2020
Misteri asal mula Slender Man Misteri […]